Di balik indahnya sebuah pernikahan, pasti ada sensasi stres tentang tetek bengek persiapan dan anggarannya. Pernikahan yang mewah, tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Kamu dan pasangan kamu pasti akan memutar otak bagaimana menggelar acara pernikahan yang diimpikan namun sesuai dengan budget yang dimiliki.

Buat kamu yang ingin memiliki pernikahan impian, kamu bisa meraihnya dengan 11 tips ini yang bisa jadi sesuai dengan budget kamu.

1.     Membuat daftar tamu seminim mungkin


Lebih banyak tamu artinya lebih banyak kursi, meja, makanan, minuman dan undangan. Memang tidak mudah megecilkan kapasitas tamu di hari yang spesial tapi dengan cara ini maka kamu bisa meminimaskan anggaran pernikahan kamu agar tidak membengkak.

Cobalah untuk tidak baper dalam proses ini dengan menganggap bahwa orang yang tidak kamu undang akan sakit hati. Ini adalah hari besar kamu dan juga urusan keuangan kamu.

2.    Sebisa mungkin menggunakan taman atau halaman rumah agar kamu tidak perlu menyewa gedung


Kalau kamu cukup beruntung untuk memiliki anggota keluarga atau mungkin sahabat yang bersedia untuk berbagi taman belakang rumah mereka untukmu. Kamu bisa memanfaatkannya agar tidak perlu menyewa gedung. Hal ini jelas akan menghemat anggaran kamu. Dan, jika kebetulan tidak ada yang menawarkan tawaran emas untuk memakai rumah mereka, pilihkan taman sebagai pilihan kedua. Kamu bisa melihat taman mana yang sekiranya cocok dijadikan saksi pernikahanmu tanpa perlu mengeluarkan banyak sekali uang.

3.     Pilih restoran lokal untuk menu makanan


Kamu bisa menunjuk restoran lokal untuk hidangan di acara pernikahan kamu. Tipe prasmanan bisa jadi lebih hemat per orangnya dibanding dengan per meja. Diskusikan ini dengan pasanganmu dan tentukan pilihan bersama. Kebanyakan tamu undangan tidak akan terllu ingat dan memedulikan hidangan kecuali jika semua hidangannya tidak enak. Jadi jangan terlalu terikat dengan berpikir bahwa hidangan harus mahal.

4.     Jika tidak ada tradisi yang “diharuskan” maka jangan menggunakan tradisi apapun


Dengan adanya tradisi tambahan, anggaran kamu pasti akan naik dari yang seharusnya. Jika memang tradisi tersebut tidak diharuskan maka kamu tiak usah menggunakan tradisi tersebut. Ini bisa mengurangi biaya yang cukup banyak karena setiap tradisi pasti membutuhkan ritual dan seragam keluarga.

5.       Menyewa fotografer yang lebih sedikit



Setelah janji pernikahan yang menjadi hal paling penting dalam pernikahan, maka di posisi kedua ada fotografi. Semua pasangan pasti ingin momen sekali seumur hidupnya itu diabadikan. Untuk yang satu ini kamu mungkin bisa meminta teman yang memiliki bakat fotografi untuk menjadi fotografer di pernikahanmu. Ini jelas akan memotong banyak anggaranmu karena harga sewa fotografer yang cukup mahal.

6.    Daripada photobooth, lebih baik membeli 2 atau 3 polaroid


Rata-rata di setiap pernikahan pasti ada sesi photobooth untuk para tamu undangan. Daripada kamu menggunakan jasa photobooth yang pasti mahal, kamu bisa menggunakan anggaranmu untuk membeli kamera polaroid dan meminta teman atau keluargamu untuk memotret tamu undangan.

7.      Memilih kue pernikahan yang tidak besar


Jika banyak sekali kue pernikahan yang di design sedemkian rupa sampau menjulang tinggi bak istana, kamu bisa menggantinya dengan kue yang tidak besar. Asalkan kuenya cantik dan masih bisa terlihat tamu maka itu sudah cukup.

8.     Membuat album pernikahan sendiri


Album pernikahan justru bisa mengeluarkan anggaran yang cukup tinggi jika kamu tidak lihai mengkalinya. Untuk album ini kamu bisa menyerahkannya pada teman yang mungkin memiiki bakat cetak foto untuk menggarap albummu. Namun, jika kamu tidak punya kenalan yang cocok untuk melakukan hal ini, kamu bisa menyewa jasa cetak yang sesuai dengan budget kamu.

9.     Dekorasi yang bisa dibuat sendiri akan lebih baik, termasuk karangan bunga


Kamu bisa membuat dekorasi sendiri jika kamu mau da nada yang membantu. Membuat sendiri dekorasi jelas akan banyak mengurangi anggaran kamu. Kamu bisa menanyakannya pada temanmu yang sudah lebih dulu mencoba hal ini, bahan-bahan dekorasi yang kamu perlukan seperti bunga bisa kamu ganti dengan kertas dan bukan bunga hidup.

10. Kamu bisa minta bantuan pada orang-orang terdekat yang memang berbakat untuk bantu tetek bengek pernikahan


Keluarga atau temanmu yang mungkin memiliki bakat bernyanyi atau bermusik atau merangkai bunga, kamu bisa meminta bantuan mereka untuk membuat impian pernikahanmu jadi nyata. Kamu juga tidak perlu menyewa wedding singer yang harganya tinggi tapi bisa menggunakan bakat yang orang-orang di sekitarmu miliki.

11.  Menyewa gaun pengantin di tempat yang sederhana


Gaun pengantin impianmu bisa tetap kamu dapatkan dengan tidak terlalu menambahkan aksesoris dengan harga fantastis. Tidak perlu butiran swarowski jika budget kamu tidak memadai. Tempat persewan gaun yang sederhana sekarang ini banyak menyediakan gaun yang anggun dan cantik dengan harga yang tidak terlalu tinggi.

Semoga pernikahannya lancar ya!


Share To:

ANEKA UNDANGAN

Post A Comment:

0 comments so far,add yours