Menjadi perempuan yang memutuskan berhijab memang kerap diidentikkan dengan terbatasnya ruang gerak. Struktur busana yang menutupi sekujur tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki sering dianggap menjadi penghalang untuk berkreasi, apalagi berprestasi. Padahal, alasan mulia demi menuruti perintah agama harusnya tidak perlu diasosiasikan dengan ketidakbebasan lho.

Untungnya perkembangan dunia hijab yang semakin mengemuka dari tahun ke tahun juga turut serta memunculkan banyak ide-ide yang menentang ketidakbebasan dalam berhijab. Lihat saja, tren fesyen hijab masa kini, banyak publik figur yang tampil percaya diri dengan kepala yang tertutup hijab. Apakah mereka lantas menjadi tidak bebas? ‘Kan nggak juga. Nah, untuk mematahkan anggapan bahwa perempuan berhijab itu nggak bisa berkreasi, berikut Hipwee ulas beberapa tokoh perempuan berhijab yang berkiprah di dunia ‘keras’. Nyatanya nggak terhalang dengan hijab tuh mereka.

1.   Penampilan lugu dan lembut tak berarti melow. Voice of Baceprot buktikan bahwa Hijab bukan halangan untuk musik rock dan metal!


Siapa kira cewek-cewek yang terlihat lembut dan santun dengan hijabnya, ternyata piawai bermain musik metal? Musik yang satu ini meskipun identik dikaitkan dengan musik keras dan hanya bisa dinikmati di kalangan tertentu, nyatanya tidak menyurutkan cita-cita Firdda Kurnia (gitar & vocalist), Euis Siti Aisyah (drums) dan Widi Rahmawati (bass) untuk menjadi musisi metal. Kesuksesan mereka bisa dilihat dari malang melintangnya Voice of Baceprot di belantika musik Indonesia. Follower Instagramnya saja sudah 18k lho. Ini adalah bukti bahwa hijab tidak menghalangimu menjadi musisi.

2.  Revin Chairani, seorang skateboarder usia 22 tahun yang nyaman berhijab. Sama sekali nggak mengurangi ruang gerak



Ketika mendengar kata skateboard, bayangan kita umumnya adalah seorang remaja cowok yang piawai berputar-putar dan beraktraksi di atas skateboard-nya. Dandanannya swag abis dengan celana pendek serta sneaker kece. Nah, image itu dipatahkan oleh si Revan Chairani ini. Selain ia adalah seorang cewek, dandanannya pun nggak berhijab juga. Tapi jangan salah. Meskipun berhijab, ia terlihat mahir sekali beraksi di atas skateboard. Hijab bikin kamu nggak bisa bergerak bebas? Nyatanya nggak juga tuh… 🙂

3.   Dianandra Chairunnisa, atlet panahan peraih medali emas SEA Games 2017


Dianandra, meskipun ia berhijab, berhasil mendapatkan medali emas di bidang panahan tingkat Internasional. Nggak tanggung-tanggung, ia berhasil menyabet medali emas di event sekelas SEA games lho! Olahraga panahan ini memang sekilas identik dengan kegiatan outdoor yang banyak menyita tenaga. Namun meski begitu, nyatanya tidak menyurutkan semangat dan niat Dianandra untuk berprestasi di bidang ini. Nah, kamu mau alasan apa lagi untuk tidak berkarya?

4.  Lina Karina Mansur, atlet taekwondo berhijab. Siapa sangka secantik ini bisa menang bela diri?


Cantik, model-like, dan seorang atlet taekwondo berprestasi. Inilah tiga hal yang bisa mendefinisikan Lia Karina Mansur. Gadis asal Yogyakarta ini terbukti punya segudang prestasi yang tentu saja sama sekali tidak dihambat oleh busana yang ia kenakan. Meskipun berhijab, Lia yang sehari-hari berprofesi sebagai dosen di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini tetap bersemangat dan siap terjun di dunia ‘keras’nya cabang olahraga taekwondo, lho. Keren nggak tuh? 🙂

5.  Hijab tak menghalangi Muna Abusulayman untuk menjadi feminis menyuarakan hak-hak kaum perempuan. Hebat!


Seperti yang kita tahu bahwa kebebasan perempuan di Arab Saudi masih terbatas. Tapi nyatanya hal itu tidak menghalangi Muna Abusulayman untuk meneriakkan hak-hak perempuan. Dikenal sebagai pembaca acara papan atas di Arab Saudi, Muna AbuSulayman disebut sebagai salah satu perempuan berhijab paling berpengaruh lho. Karena dirinya dianggap sangat pandai dalam menyerukan isu-isu sosial, hak perempuan, media, dan masalah Timur dan Barat. Keren banget deh!

Share To:

ANEKA UNDANGAN

Post A Comment:

0 comments so far,add yours