Jatuh cinta itu hal yang menakjubkan, apalagi jika bisa mempertahankan perasaan itu hingga jenjang pernikahan dan setelahnya. Siapa yang tak ingin punya kehidupan cinta dengan akhir bahagia selamanya? Tapi hal ini pun perlu usaha dari kalian berdua. Apa yang membuat hubungan cinta langgeng dan bahagia? Psychotherapist Barton Goldsmith, Ph.D. mengungkapkan, inilah yang kamu butuhkan.
1.       Jujur satu sama lain
Keberhasilan hubungan harus didasari oleh rasa percaya dan kejujuran. Apapun perlu diungkapkan secara apa adanya, gamblang dan tidak ada yang ditutupi. Kamu butuh seseorang yang bisa membuatmu mengungkapkan rahasia dan sisi terburukmu.
2.       Berkomunikasi dengan baik
Masalah yang sulit diselesaikan adalah ketika kalian berdua menolak membicarakannya dan membiarkan masalah berlalu tanpa penyelesaian. Setiap hal perlu dikomunikasikan berdua, agar tidak ada salah paham. Berkomunikasi bukan hanya bicara berdua, perlu ada interaksi, saling mendengarkan, bertanya dan menaruh perhatian terhadap apa yang sedang dibicarakan.
3.       Kalian punya kehidupan sendiri-sendiri
Penting sekali punya kehidupan pribadi di luar hubungan pernikahan. Kamu perlu punya pekerjaan yang membuatmu sibuk, perlu punya hobi yang membuatmu tetap bersemangat, dan ruang untuk diri sendiri. Ada banyak stres yang bisa didapat dari pernikahan, dan punya me time adalah cara untuk menyeimbangkan kehidupan.
4.       Punya tujuan hidup yang sama
Paling tidak kalian berdua butuh suatu hal yang membuat kalian terikat. Dikutip dalam Psychology Today, psychiatrist Abigail Brenner mengatakan bahwa kesamaan visi misi kehidupan akan membuat kalian bisa berjalan bersama berdua. Karena kalian tahu apa yang harus dilakukan dan inilah yang membuat kalian bertahan.
5.       Punya quality time Bersama
Bedakan antara kehidupan di rumah dan quality time bersama. Kehidupan rumah tangga akan banyak 'gangguan' dari anak dan pekerjaan rumah tangga. Tapi quality time bersama adalah waktu di mana kalian bisa kembali seperti 'pacaran' lagi. Menghabiskan waktu berdua untuk menguatkan ikatan cinta.
6.       Stay positive
Hidup seharusnya memang dimulai dengan sikap dan pikiran positif. Mana ada hubungan langgeng jika tiap kali suami keluar kota pikiran kamu curiga melulu dia bakal selingkuh. Tidak ada hubungan awet jika tiap kali kamu ada rapat, dia mikirnya kamu sedang ngopi-ngopi mesra dengan pria lain. Jadi, penting sekali stay positif, singkirkan pikiran yang hanya bikin masalah.
Jadi, mengapa banyak pasangan yang sepertinya punya kehidupan bahagia, mesra dan langgeng? Kemungkinan besar mereka punya keenam hal tersebut ladies. (vem/feb)


Share To:

ANEKA UNDANGAN

Post A Comment:

0 comments so far,add yours