Apakah Anda sedang merencanakan pernikahan? Kapan? 2018? Dua tahun lagi? Atau, tiga tahun lagi? Tidak masalah kapan waktunya, yang terpenting perencanaan keuangan pernikahan yang wajib dipersiapkan secara matang.

Menikah merupakan momen sakral yang diharapkan hanya terjadi satu kali seumur hidup. Semua orang, termasuk Anda tentunya, ingin pernikahan yang berkesan bukan? Masalahnya, menggelar pesta pernikahan butuh dana yang tidak sedikit.

Mulai sewa gedung, merancang dan mencetak undangan, pesan katering, dekorasi, gaun pengantin,  biaya rias pengantin, seragam keluarga, akomodasi, dan masih banyak pernak-pernik biaya tambahan lainnya.

Karena perhitungan dana itu, banyak pasangan yang kemudian menunda-nunda waktu pernikahan. Padahal justru dengan ditunda, biaya-biaya akan merangkak naik setiap tahun. Tidak perlu khawatir berlebihan terhadap besarnya dana pernikahan.

Persiapkan dengan langkah-langkah dari Danaxtra.com berikut ini, dan songsong hari cinta Anda dengan tenang:

1.   Sisihkan Gaji untuk Tabungan Pernikahan

Bangun komitmen untuk menyisihkan gaji Anda dan pasangan tiap bulan. Diskusikan berapa persen dari gaji yang harus ditabung untuk biaya pernikahan, umumnya berkisar 20 persen-40 persen. Misalnya, gaji Anda Rp 7 juta, dan pasangan memiliki penghasilan Rp 5 juta per bulan, berikut ilustrasi perhitungannya:

Gaji Anda: 30 persen x Rp 7 juta = Rp 2,1 juta
Gaji pasangan: 30 persen x Rp 5 juta = Rp 1,5 juta
Jadi, tabungan per bulan : Rp 3,6 juta

Tabungan selama 1 tahun : Rp 43,2 juta
Tabungan selama 2 tahun : Rp 86,4 juta

Lumayan bukan?  Agar mencapai target, pastikan Anda dan pasangan berkomitmen untuk rutin menyisihkan 20 persen-30 persen dari gaji tiap bulannya, tergantung kesepakatan.

Pastikan pula bahwa Anda dan pasangan tidak akan menggunakan tabungan tersebut untuk keperluan di luar pernikahan hingga waktu yang telah disepakati

2.   Rencanakan Anggaran Pernikahan

Kapanpun pernikahan Anda dan pasangan digelar, baik itu satu tahun, dua tahun atau tiga tahun mendatang, sebaiknya mulai rencanakan dari sekarang. Diskusikan konsep dan tema pernikahan, apakah ingin menggelar pesta pernikahan besar-besaran atau sekadar merayakan bersama keluarga, kerabat, dan teman-teman terdekat saja?

Apakah ingin menggunakan konsep modern atau pesta adat? Apapun konsepnya, ada banyak anggaran penting yang perlu dipersiapkan, antara lain sebagai berikut:

A.  Catering
Biaya terbesar pengeluaran untuk catering, dibutuhkan sekitar 40 persen–50 persen dari total budget pernikahan Anda. Rumus standar dalam menghitung makanan adalah jumlah undangan dikalikan 2. Tips menghitung makanan: jangan dikurangi 10 persen apalagi 15 persen. 

Anda sering melihat dalam resepsi bukan, untuk standing party atau pesta secara prasmanan  untuk satu undangan yang datang bisa 4 orang : suami, istri, 2 anak. Atau bila yang diundang adalah pasangan paruh baya, mereka akan mengajak 1 atau 2 anak yang remaja.

Kenapa bisa begitu? Karena di Indonesia, pesta pernikahan adalah family affair, bukan personal affair seperti di negara barat sana. Ini sah-sah saja. Jangan mengundang melalui media sosial atau SMS.

Selain memberikan kesan yang kurang baik, mengundang melalui cara ini akan menyulitkan perhitungan jumlah orang yang akan hadir. Bisa-bisa banyak yang datang, walaupun tidak diundang.  Contoh jumlah undangan = 500 buah, berarti jumlah yang hadir = 500 X 2 = 1.000 orang.

Buffet 500 orang x Rp 45.000 = Rp 22,5 juta
Stall/gubuk 500 orang x 3 = 1.500 porsi

Total stall perlu dikali tiga, karena berdasarkan pengamatan pelaku catering, satu orang rata-rata mencicipi 3 jenis makanan.

Jadi misalnya Anda memilih somay @ Rp14 ribu, bakso @ Rp15 ribu, dan sate ayam + lontong @ Rp17 ribu.

Somay 500 x Rp 14 ribu: Rp 7 juta
Bakso  500 x Rp 15 ribu: Rp 7,5 juta
Sate ayam 500 x Rp 17 ribu: Rp 8,5 juta
- Total Stall/Gubuk: Rp 23 juta
- Buffet: Rp 22,5 juta

Total Makanan: Rp 45,5 juta
Total biaya pesta bila asumsi makanan  30 persen dari Rp 45,5 juta = Rp 150 juta
Total biaya pesta bila asumsi makanan  40 persen =  Rp 45,5 juta : 40 persen = Rp 111,37 juta

Catatan:
Komposisi ketiga gubuk bisa dikombinasikan. Misalnya somay 600 porsi dibagi dalam 3 gubug (masing-masing 200 porsi), bakso 500 porsi dibagi dalam 2 gubug (masing-masing 250 porsi), sate 400 porsi dibagi dalam 2 gubug (masing-masing 200 porsi). Sekali lagi, hendaknya menyusun biaya makanan untuk pesta pernikahan secara realistis.

Jika  uang yang Anda kumpulkan di atas diperkirakan ternyata hanya mencapai Rp 86,40 juta, Anda harus mencari pendekatan yang paling mungkin. Misalnya dengan mengurangi jumlah undangan menjadi 300 undangan saja. Ini sudah mengurangi anggaran makanan sebesar 40 persen. Kalau tidak, mengurangi jumlah gubug, dan menurunkan level paket buffet.

Alternatif lain, cari catering lain yang harganya lebih miring. Hanya saja Anda perlu mencari testimony mengenai kualitas rasanya. Tentu tidak lucu jika suasana gembira Anda terganggu dengan ketidakpuasan para undangan.  Atau kalau mau tetap dengan rencana semula, Anda bisa mengusahakan kekurangan biayanya dengan cara yang kami uraikan di bawah.

B.  Dekorasi
Untuk dekorasi membutuhkan budget sekitar 15 persen - 20 persen dari total keseluruhan. Adapun yang mencakup dekorasi antara lain pelaminan, ruang resepsi, hingga tempat ijab Kabul atau pemberkatan.

Sesuaikan dekorasi dengan tema dan konsep pernikahan Anda, sebab dekorasi yang indah akan meninggalkan kesan bagi para tamu undangan.

Jadi kalau misalnya Anda sudah menganggarkan total biaya perrnikahan Rp 111,37 juta, seperti contoh di atas, maka biaya dekorasi adalah:

15 persen x Rp 111,37 juta = Rp 16,70 juta
20 persen x Rp 111,37 juta = Rp 22,27 juta

C.  Bridal Attire
Pos pengeluaran ini berkaitan dengan calon mempelai, mulai dari gaun pengantin, jas dan tuxedo, perhiasan, sepatu, make up dan hair do, dan sebagainya. Untuk bridal attire membutuhkan 10 persen dari total budget.

D.  Gedung
Anda perlu mengalokasikan 9 persen - 10 persen dari total budget untuk menyewa gedung alias venue. Sebelum memilih, pastikan Anda sudah menyesuaikan ukuran venue dengan jumlah tamu undangan.

E.   Dokumentasi
Dokumentasi menjadi hal penting untuk mengabadikan momen bahagia di hari pernikahan, yakni dalam bentuk foto maupun video. Untuk dokumentasi, membutuhkan 9 persen - 10 persen dari total budget.

F.   Undangan dan Souvenir
Sebelum membuat souvenir, pastikan Anda sudah menentukan jumlah tamu undangan. Untuk anggaran ini dibutuhkan 5 persen dari total budget.

Sedangkan 5 persen- 10 persen sisanya dialokasikan untuk kebutuhan tambahan lain, misal seperti wedding organizer, asuransi, perizinan, keamanan, hingga transportasi.

3.   Investasi untuk Menambah Dana Pernikahan

Investasi dapat menjadi salah satu solusi jika dana pernikahan Anda membengkak.  Anda bisa mencoba membeli emas  karena sifatnya yang mudah dicairkan dan harganya cenderung stabil.

Tidak perlu tergesa-gesa, Anda dan pasangan bisa berinvestasi dari nominal kecil, misal dengan membeli emas batangan mulai dari 1 hingga 5 gram.

Setelah 2 atau 3 tahun, harga emas itu sudah lebih tinggi dari harga beli, sehingga ketika dijual kembali Anda dan pasangan dapat keuntungan.

Atau, jika tidak ingin menjual, Anda bisa menggadaikannya di Pegadaian. Jenis investasi ini sangat pas jika ada kebutuhan mendadak di luar anggaran pernikahan yang sudah dipersiapkan.

4.   Atur Acara Sendiri untuk Menghemat Pernikahan

Untuk menghemat budget, Anda dapat mengatur pernikahan sendiri tanpa bantuan wedding organizeralias WO yang biayanya terbilang mahal. Minta bantuan keluarga dan sahabat untuk mengatur segala kebutuhan pernikahan.
Atau jika ingin ada momen foto pre-wedding, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk foto ke luar negeri atau luar kota. Anda dan pasangan bisa membuat konsep foto bercerita tentang perjalanan cinta dengan kamera polaroid.

5.   Checklist Pernikahan

Setelah menyusun anggaran pernikahan, sebaiknya Anda dan pasangan mulai membuat checklist pernikahan. Hal ini guna memastikan bahwa semua keperluan pernikahan tidak ada yang terlewat.

Masukkan setiap detail yang harus diurus, termasuk biaya yang harus dibayar sekaligus waktu pembayarannya.Agar pernikahan Anda dan pasangan berjalan lancar, pastikan segala persiapannya sesuai dengan perencanaan. Termasuk perencanaan keuangan yang matang.

Semoga pernikahan Anda berjalan lancar. Selamat menempuh hidup baru!
Share To:

ANEKA UNDANGAN

Post A Comment:

0 comments so far,add yours